jump to navigation

Berbagi Pengalaman Kerja Sebagai PPIC April 24, 2014

Posted by SANSINNO.COM in Tak Berkategori.
trackback

Sudah hampir 4 tahun saya bekerja sebagai PPIC (Product Planning Inventory Control) di PT. SCI (Smart Ceramics Indonesia) perusahaan swasta yang bergerak dibidang Elektronik yang beralamat di Jl. Tenjoayu Cicurug – Sukabumi..banyak suka duka yang saya alami selama bekerja disini, khususnya bidang PPIC sendiri..karena bidang ini adalah bidang yang sangat baru bagi saya dan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan saya yaitu komputer.

Walaupun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, tetap saya syukuri dan terus saya jalani dengan sepenuh hari karena ini sudah bagian dan rencana dari sang Maha Kuasa.

Image

Dengan pengalaman kerja yang cukup lama saya rasa cukup bagi saya untuk membagi pengalaman sebagai PPIC ๐Ÿ˜€ memang saya bukan master dibidang ini dan ilmu saya pun baru secuil..tapi yang secuil itu akan saya coba bagi mudah2n bermanfaat.

Sebelum saya mulai mungkin ada diantara bro2 yang bertanya, apa sih yang dibuat oleh perusahaan saya..oke akan saya ulas sedikit ๐Ÿ˜€ jadi PT.SCI adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik yang membuat komponen2 elaktronik seperti S/W Trans,Line Filter, Coil Choke dan Rotary.

Image

Mungkin komponen elektro ini asing dimata bro sekalian ๐Ÿ˜€ tapi kalo bro sekalian membongkar TV , Hometeater dan DVD di rumah bro2 sekalian maka bro2 akan menemukan komponen tersebut didalamnya..dan jika ada marking SCI diatasnya maka komponen tersebut adalah buatan perusahaan saya..hee

Oke..kalo tadi pengenalan perusahaan tempat dimana saya bekerja dan produknya, sekarang sesuai janji saya..saya akan membagi pengalaman saya sebagai PPIC.

Saya mulai dari fungsi dan tugas PPIC itu sendiri, secara garis besar fungsi dan tugas dari pekerjaan saya ini adalah sebagai jembatan antara marketing dengan departement lain seperti Material, Produksi dll..selain sebagai jembatan penghubung, PPIC juga bertugas untukย membuat rencana produksi yang berpedoman pada rencana sales marketing, memastikan prduksi yang sesuai dengan kebutuhan marketing, tepat waktu dan tepat jumlah.

Image

Disitulah peran PPIC sangatlah penting dalam sebuah industri khususnya perusahaan..karena bukan hanya sebagai penghubung, tapi juga pengelola rencana produksi, memastikan rencana produksi berjalan dan memastikan persediaan stock aman dan juga memastikan delivery sesuai dengan rencananya.

Image

Hampir semua perusahaan baik itu elektronik, automotif, garmen dll pasti ada departement PPIC didalamnya..dari situ kita bisa melihat peranan PPIC sangat sentral dan penting, dan bagi bro2 yang tertarik juga dengan bidang PPIC ini gag usah takut berbeda dengan background pendidikan anda, karena selama bro2 mau belajar pasti bisa, karena pada dasarnya PPIC bukanlah hal yang sulit ๐Ÿ˜€

Tentu di kampus tidak pernah ada pelajaran PPIC hee yang harus bro lakuin cuma yakin kalo bro2 bisa mengerjakannya dan terjunlah ๐Ÿ˜€ย niscaya akan ada kemudahan dlm setiap usaha ๐Ÿ˜€

Alhamdulillah..selama kurang lebih 4 tahun bekerja di PT.SCI sebagai PPIC banyak sekali pengalaman dan ilmu yang didapat…memang masih jauh dari kata sempurna, tapi saya akan terus belajar dan terus belajar..hee

Semoga sedikit pengalaman saya ini bisa menginspirasi bro2 semua ๐Ÿ˜€

Komentar»

1. nivikoko - April 24, 2014
Motorcycle Fun Blog - April 24, 2014

jual..motornya mas…heee ganti R15 dari pada modif abis 10jeti…wkwkwk

nivikoko - April 24, 2014

nggak ahh…. setia ajeee.. untung gak dibandrol 25 .. sakit atinya gak begitu dalam (nyanyi)

Motorcycle Fun Blog - April 24, 2014

hahaha…ntar juga turun harganya jadi 25 wkwkwkw

2. KomMotor - April 24, 2014
Motorcycle Fun Blog - April 25, 2014

๐Ÿ˜€ siapp lur…nu penting mah jalani dengan sepenuh hati ๐Ÿ˜€

KomMotor - April 25, 2014

Tah eta nu penting mah.. ๐Ÿ˜‰


Tinggalkan Balasan

